Rabu, 28 Januari 2009

Keren & Beken - Kylie di Umur Mulai Senja

Salah satu cara untuk bisa meningkatkan perekonomian Indonesia adalah meningkatkan jumlah wirausahawan yang jumlahnya masih dibawah 1% menjadi 2%. Sepertinya cara cepat menjadi kaya itu bukan hanya saja dilakukan oleh mereka yang disebut orang biasa, tetapi saat ini selebriti lokal atau internasional sudah terbiasa dalam membuka wirausaha. Misalnya membuka restoran makanan Sunda, membuka butik, sampai kepada menjual produk retail dibawah kebesaran namanya. Salah satu selebriti internasional yang sukses mengembangkan usahanya selain menyanyi adalah Kylie Minogue. Kemunculannya setelah dinyatakan sembuh dari kanker payudara menambah kharisma perempuan yang konsisten dengan musik dance selama lebih dari 2 dekade.

Wanita mungil ini memiliki pendapatan yang luar biasa, mulai dari penjualan jutaan copy album nya, penjualan retail fashionnya, dan penjualan tiket konsernya yang laris manis tanjung kimpul. Kabar terakhir dari AEG sebuah agen yang menyewa Kylie untuk tampil di Dubai membayar US$ 4.000.000. Darling, merk parfum keluaran Kylie Minogue menduduki 3 besar penjualan parfum yang dikeluarkan oleh selebriti internasional yang nilainya di seluruh dunia mencapai puluhan juta dollar.

Tur konser nya, X juga sukses disambut penggemarnya di seluruh dunia, mulai dari Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, Australia, dan Asia. Salah satu kesuksesan konsernya di Asia karena lebih dari 2 dekade Kylie tidak mengadakan konser. Tur konsernya di tahun 2005 dibatalkan karena Kylie didiagnosa awal mengidap kanker payudara. Akhirnya di tahun 2008 Kylie bisa mewujudkannya. Meskipun konsernya di asia sempat diisukan batal karena Kylie mendapat musibah di Bogota, Kolombia. Tas yang berisi paspor dan peralatan pribadinya dicuri. Namun hal tersebut tidak membuat kejadian di 2005 terulang kembali.

Turnya di asia diawali di Bangkok, Singapura, Hongkong, Shanghai, dan Taipei. Penampilan pertamanya di Singapura 25 November 2008 menjadi magnet bagi pecinta Kylie dari Indonesia dan Malaysia yang tidak dikunjungi selama turnya ini. Konsernya yang diadakan di Singapore Indoor Stadium dimulai pada jam 21.00. Tiket sepertinya terjual laris, tempat duduk mulai dari kelas tribun dan VVIP dipenuhi penonton dari berbagai macam bangsa, seperti PBB yang disatukan karena kekaguman terhadap penyanyi wanita bertinggi badan 152 cm. Tiket yang dijual terbagi menjadi beberapa kelas sesuai dengan harga tiket mulai dari S$100, 150, 330, 550.

Konsernya kali ini memakai panggung standar dengan layar video LED super besar setinggi 10 meter untuk melengkapi penampilannya yang dibagi dalam beberapa babak yaitu babak 1: Xlectro Static, babak 2 : Cheer Squad, babak 3 : Beach Party, babak 4: Xposed, babak 5: Starry Nights, dan babak 6 : Black vs White.

Untuk memperindah penampilannya penyanyi yang juga mengeluarkan koleksi baju dengan mega retail H&M, memilih desainer Jean Paul Gaultier sebagai salah satu pembuat kostum konser. Alhasil, menambah cantik perempuan yang juga pernah menjadi muse untuk fotografer dunia seperti Stephane Sednaoui dan Karl Lagerfeld.

Dalam konsernya di Singapore, Kylie juga menampilkan penampilan dengan kualitas luar biasa. Dukungan tekonolgi dan kecerdasan tim panggung, musik, visual dari Blink TV dan tata lampu yang mampu mengisi penampilan Kylie yang sudah tidak seenerjik dulu atau ketika melihat video klipnya. Konser spekatkuler tetap disajikan, dimulai dengan video raksasa wajah Kylie seperti di cover album Kylie X dan disusul munculnya Kylie dari dalam boombox raksasa di panggung. Yang disambut dengan penonton yang tersontak berdiri dari duduknya.


Speakerphone, Boombox, Can’t Get Out of My Head, In Your Eyes adalah lagu dari babak pertama yang diramaikan dengan penari latar dengan kostum seperti pasukan Star Wars. Kemudian dalam babak 2, Kylie muncul dengan kostum cheer leaders berwarna pink dan menyanyikan HeartBeat Rock, dan Wow.

Kylie yang juga me remake / recycle lagu menyanyikan lagu Copacabana lengkap dengan drama broadway dan tata lampu disko lengkap dengan animasi video grafis yang terus membuat penonton yang kebanyakan merasakan masa remaja di era 80an dan 90an bergoyang. Disusul lagu Loveboat lagu tema dari serial tv yang pernah popular di tv swasta Indonesia tahun 90an. yang membuat penonton bernyanyi bersama sambil duduk beristirahat. Babak 3 ini ditutup dengan lagu Spinning around yang berirama disko klasik dan I Believe in You dalam irama akustik

Babak 4 Kylie mengganti bajunya dengan gaun merah bertopi militer sambil menyanyikan Like a Drug, Slow dan 2 Hearts. Babak berikutnya adalah salah satu babak yang membuat penonton yang tadinya hanya duduk kemudian hampir semuanya berdiri. Menggunakan baju penguin seperti pelatih kuda, Kylie menyanyikan On a Night Like This, Your Disco Needs You, Kids, dan dua lagu di era 90an yaitu Step Back in Time Better The Devil You Know. Sebagai penutup Kylie menyanyikan lagu Love at First Sight, The One dan lagu pamungkas, I Should Be So Lucky yang sepertinya ditungu-tunggu penonton dari awal pertunjukan. Lagu lama menjadi pengobat rindu fans Kylie dari zaman ketika Kylie Minogue, Debbie Gibson, Irene Cara, dll berjaya. Dalam konsernya ini, Kylie hanya menyanyikan 3 lagu nostalgia 80-dan 90an dari total 20 lagu kebanyakan berirama dance yang membuat penonton ikut bernyanyi bersama dari awal sampai akhir konsernya.

Kesuksesan tur nya ini, tidak membuat Kylie beristirahat lama. Salah satu kegiatannya adalah dalam bidang sosial yang didukung dari pengalaman pribadinya. Di awal Desember penyanyi asal Melbourne berduet dengan Coldplay mengeluarkan lagu berjudul Lhuna. Lagu ini penjualannya akan didonasikan ke RED(WIRE), sebuah organisasi digital memdanai penelitian kesehatan untuk pencegahan dan penyembuhan HIV/ AIDS di Afrika.

Setelah dinyatakan bebas dari kanker payudara, , Kylie kemudian kembali menjalani kehidupan pribadi ke kampung halamannya di Melbourne sambil mengerjakan beberapa persiapan untuk konsernya. Keluarga menjadi bagian penyemangat hidupnya. Setelah putus dari Olivier Martinez awal tahun 2007, kemudian dikabarkan menjalin hubungan kembali di awal tahun 2008 setelah 4 tahun bersama, akhirnya hubungannya berakhir pertengahan tahun 2008.

Selang beberapa bulan, Oktober 2008 mantan kekasih alm Michael Hutchence yanga adalah mantan vokalis INXS ini akhirnya mendapatkan pasangan baru, Andres Valencoso seorang supermodel dari Spanyol. Sepertinya saat ini Kylie Minogue tergolong Latin Lover. Kekasih terbarunya yang berbeda 10 tahun juga dikenal sebagai bintang iklan Louis Vuitton, parfum Chanel “Allure” dan parfum Jean Paul Gaultier “Fleur du Male”.

Sukses menggelar konser yang disebut sebagai “comeback concert”, kesuksesan pemeran Charlene Mitchell di serial Neighbors ini menjadi semakin lengkap di 2008 dengan masuknya album Kylie Minogue, X dalam kategori Best Dance Album di 51st Grammy Awards 2009. Ini adalah nominasi ke 5 dan kemungkinan Kylie mendapatkan Grammy kedua sepanjang karir bermusiknya.

Di usia nya ke 40 tahun pada Mei lalu, Kylie Minogue menjadi sosok cantik, fashionable, dan pebisnis ulung. Tidak seperti ungkapan Life Begins at 40, untuk Kylie Minogue Life Begins Anytime, sukses dari usia muda kemudian menjadi diva internasional yang dicintai diseluruh dunia sudah menjadi kenyataannya. Mungkin lebih beruntung Kylie tidak tinggal di Indonesia, karena tidak menghadiri perkumpulan keluarga yang akan dihujani pertanyaan: "Kapan nikah dan punya momongan?"


Terima kasih untuk Nisha"Icha" Rahmanti, Vero "Femina", Margie Mami Niko,& Fristi Sukmadewi

Tidak ada komentar: